Tanam Bunga Matahari

  02 Februari 2018  |  DESA TEGALSARI

Lutfi Ansori laki-laki paruh baya yang kerap disapa “Kilut” yang kesehariannya beraktivitas dalam bidang pertanian sebagai petani buah jeruk yang sudah digelutinya selama kurang lebih mulai dari tahun 2011 silam. Dalam bidang pertanian Kilut kerap kali berinovasi dalam menangani masalah-masalah yang terjadi, berawal dari sebuah percakapan antara Kilut dengan salah satu petani yang juga termasuk tetangganya, mengeluhkan akan banyaknya hama/wereng yang menyerang tanamannya. Kalau Pestisida kimia memang ampuh mengendalikan hama dalam waktu singkat, namun pengunaan pestisida pestisida yang tidak terkendali akan menimbulkkan peninggakatan populasi hama (resurjensi) dan sifat kekebalan hama (resistensi terhadap bahan aktif tertentu, kalau bisa sekarang pakai yang organik-organik saja ungkap “Hari Ovy”.  Akhirnya setelah Kilut mencoba mencari referensi dari beberapa sumber di internet, Kilut menemukan hasil untuk mengatasi pengendalian hama yaitu dengan menggunakan Bunga Matahari yang di tanam disekitar area bertanam.

Namun Kilut punya pemikiran lain tentang Bunga Matahari, jika bunga matahari ini akan terlihat indah dan bagus jika ditanam disepanjang bahu jalan yang ada di desa, apalagi jalan-jalan di desa kini sudah banyak yang sudah di Pavingisasi oleh Pemerintah Desa Tegalsari. Niat Kilut untuk menanam bunga matahari dipinggiran bahu jalan-jalan yang ada di desa mendapat tanggapan positif dari beberapa temannya dan meraka siap membantu untuk merealisasikannya. Enam orang sudah Kilut ajak berdiskusi untuk merealisasikan Gerakan Tanam Bunga Matahari, untuk mengawali gerakan ini kita kan membutuhkan dana untuk pembelian bibit dan persiapan hingga bibit siap untuk ditanam, bagaimana kalau kita patungan saja ujar “Kilut”.

Tahap persiapan pun sudah selesai, mulai dari tempat semai, bibit yang sudah di semai pun juga sudah siap tanam, butuh waktu kurang lebih 1 minggu untuk mempersiapkan bibit bunga matahari siap tanam ke media tanam atau ke lahan tanam (bahu jalan desa). Target penanaman untuk kali pertama adalah jalan Basuki Rahmat Dusun Krajan 1 Desa Tegalsari, sepanjang 1 blok (500 meter) kanan kiri bahu jalan mereka tanami bibit bunga matahari. Tidak sulit dalam merawat bunga matahari, cukup rutin disirami 2 kali sehari itu sudah cukup,  pupuk hanya sebatas suplemen tambahan saja tegas “Kilut”.

Kilut mencoba untuk berkoordinasi dengan lembaga dan instasnsi yang ada di Desa Tegalsari, agar penanaman ini bisa di aplikasikan ke kantor-kantor mereka untuk menambah keindahan kantor. IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanan-Kanak) Kec. Tegalsari menyambut dengan baik gagasan dari Kilut, selain untuk memperindah lingkungan sekolah ini juga bisa kita gunakan untuk memberikan edukasi pembelajaran untuk mencintai,merawat dan melestarikan lingkungan hidup.

Contact Details

  Alamat :   Jl. Jendral Sudirman No. 05 Tegalsari - Banyuwangi
  Email : desa.tegalsari@yahoo.com
  Telp. : ( 0333 ) 844069
  Instagram : https://www.instagram.com/pemdes_tegalsari/
  Facebook : https://www.facebook.com/desa.tegalsari.01
  Twitter : https://twitter.com/desa_tegalsari


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi